Tugas Akhir PPG Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul Tematik Berbasis TIK KB 4 PPG Terbaru
Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul Tematik Berbasis TIK KB 4 PPG Terbaru - Pada kesempatan kali ini, saya ingin membagikan Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul Tematik Kegiatan Belajar 4 - Profesional, membahas tentang APLIKASI PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS TIK. Kegiatan Belajar 4 ini membahas tentang karakteristik aplikasi pembelajaran tematik berbasis TIK dan cara menyusunnya untuk digunakan dalam pembelajaran di SD. Secara spesifik, Kegiatan Belajar 4 memandu peserta untuk mempelajari tentang: (1) hakikat aplikasi pembelajaran berbasis TIK; (2) jenis-jenis aplikasi pembelajaran berbasis TIK; (3) karakteristik aplikasi pembelajaran tematik berbasis TIK; (4) prosedur penyusunan aplikasi pembelajaran tematik berbasis TIK; dan (5) penggunaan aplikasi pembelajaran tematik berbasis TIK dalam pembelajaran di SD. Kelima materi pokok dalam Kegiatan Belajar 4 pada modul ini dilengkapi dengan bahan tayang, contoh, dan video pembelajaran menggunakan aplikasi pembelajaran tematik berbasis TIK untuk memperkuat pemahaman peserta tentang aplikasi pembelajaran tematik berbasis TIK, cara menyusun, dan menggunakannya dalam pembelajaran di SD.
Materi Kegiatan Belajar 4 pada modul ini relevan dengan tuntutan pembelajaran di SD pada Era Revolusi Industri 4.0 dan kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 Pasal 2A ayat (1) tentang integrasi TIK dalam pembelajaran di SD. Kegiatan Belajar 4 pada modul ini juga membahas tentang aplikasi pembelajaran tematik berbasis TIK, mulai dari hakikat, cara menyusun dan menggunakannya dalam pembelajaran yang relevan dengan karakteristik pembelajaran di SD. Selain itu, pembahasan tentang aplikasi pembelajaran tematik berbasis TIK, cara menyusun, dan menggunakannya dalam pembelajaran di SD sangat diperlukan oleh peserta sebagai guru SD dan relevan dengan kompetensi guru SD utamanya kompetensi profesional terkait pengembangan media pembelajaran mengingat aplikasi pembelajaran merupakan salah satu bentuk media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan oleh guru untuk menguatkan proses dan hasil belajar peserta didik
Capaian Pembelajaran
Capaian pembelajaran untuk setiap peserta yang diharapkan pada Kegiatan Belajar 4 ini adalah mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik di SD dengan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi untuk membangun sikap (karakter Indonesia), pengetahuan, dan keterampilan peserta didik dalam memecahkan masalah secara kritis, inovatif, kreatif, humanis, kolaboratif, dan komunikatif, dengan menggunakan model pembelajaran dan sumber belajar yang didukung hasil penelitian.
Sub-Capaian Pembelajaran
Capaian pembelajaran di atas, dirinci lebih spesifik menjadi subcapaian pembelajaran yang diharapkan dari setiap peserta sebagai berikut.
1. Menguasai hakikat dan jenis-jenis aplikasi pembelajaran berbasis TIK.
2. Menguasai karakteristik aplikasi pembelajaran tematik berbasis TIK
3. Menguasai cara menyusun aplikasi pembelajaran tematik berbasis TIK.
4. Menyusun aplikasi pembelajaran tematik berbasis TIK.
5. Menggunakan aplikasi pembelajaran tematik berbasis TIK dalam pembelajaran di SD.
Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul Profesional - Bahasa Indonesia
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 2 Profesional - Matematika
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 3 Profesional - Matematika
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 4 Profesional - Matematika
Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 2 Profesional - Matematika
Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul 2 Profesional - Matematika
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 6 KB 3 Profesional - Tematik Berbasis TIK
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 6 KB 4 Profesional - Tematik Berbasis TIK
Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 6 Profesional - Tematik berbasis TIK
Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul 6 Profesional - Tematik berbasis TIK
ARNAIM.COM - Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul Tematik Berbasis TIK KB 4 PPG Terbaru |
Soal dan KunciJawaban Tes Formatif Modul Tematik Berbasis TIK KB 4 PPG Terbaru
1. Guru bermaksud untuk mengembangkan LKPD berbasis TIK dengan cara memandu peserta didik dengan langkah kerja yang dapat ditayangkan melalui proyektor. Perangkat lunak yang sebaiknya digunakan untuk mendesain LKPD tersebut adalah ....
a. Microsoft Word
b. Microsoft Excel
c. Corel Draw
d. Adobe Photoshop
e. Microsoft Powerpoint✅
1. Seorang guru kelas di kelas 1 SD menggunakan aplikasi Microsoft Powerpoint untuk membuat media pembelajaran berbentuk slide powerpoint yang diproyeksikan menggunakan proyektor. Teks yang digunakan dalam slide tersebut dominan berbentuk tulisan dengan sedikit ilustrasi. Bagaimanakah menurut pendapat Anda tentang media yang dikembangkan menggunakan aplikasi tersebut?
a. Media pembelajaran yang digunakan akan membantu peserta didik untuk memahami materi pembelajaran yang abstrak.
b. Media pembelajaran yang digunakan efektif untuk menyampaikan pesan berbentuk materi pembelajaran kepada peserta didik.
c. Media pembelajaran yang digunakan sebaiknya mengandung teks berbentuk tulisan dan gambar dengan proporsi seimbang.
d. Media pembelajaran yang digunakan aman untuk peserta didik karena tidak mengandung bahan yang berbahaya.
e. Media pembelajaran yang digunakan seharusnya lebih banyak ilustrasi gambar karena peserta didik masih berpikir konkret. ✅
2. Aplikasi pembelajaran di SD yang relevan untuk tujuan pembelajaran “melalui mengukur tinggi dan berat badan peserta didik di kelas, peserta didik dapat mengelompokkan kriteria berat badan peserta didik laki-laki dan perempuan menggunakan diagram batang ganda” adalah ...
a. Corel Draw.
b. Microsoft Excel. ✅
c. Macromedia Flash.
d. Microsoft Word.
e. Microsoft Powerpoint.
3. Pada Era Pendidikan 4.0 sedang dikembangkan sebuah aplikasi pembelajaran jarak jauh yang dapat mengidentifikasi kebutuhan dan gaya belajar setiap peserta didik. Pembelajaran yang menggunakan aplikasi tersebut disebut ...
a. Adaptive Learning. ✅
b. E-Learning.
c. Online Based Learning.
d. Open Learning.
e. ICT Based Learning.
4. Berikut merupakan pernyataan yang tepat tentang aplikasi berbasis TIK untuk pembelajaran di SD adalah ...
a. Aplikasi berbasis TIK akan menyulitkan guru dan peserta didik untuk menggunakannya selama pembelajaran berlangsung.
b. Aplikasi berbasis TIK akan membuat peserta didik pasif selama pembelajaran berlangsung.
c. Aplikasi berbasis TIK dapat menjauhkan peserta didik dengan konteks dunia nyata.
d. Aplikasi berbasis TIK relevan dengan peserta didik yang telah berpikir abstrak.
e. Aplikasi berbasis TIK memerlukan kontrol yang ketat oleh guru agar peserta didik aman secara fisik dan mental. ✅
5. Seorang guru SD melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran tematik berbasis TIK. Selama pembelajaran berlangsung, guru hanya menayangkan media pembelajaran yang telah dikemasnya secara audio-visual menggunakan aplikasi Microsoft Powerpoint dan dilanjutkan dengan memberikan lembar tes untuk diisi oleh peserta didik. Bagaimana menurut pendapat Anda tentang aktivitas guru selama pembelajaran tersebut?
a. Guru keliru memahami peran aplikasi berbasis TIK sebagai alat pendukung pembelajaran, sehingga cenderung menggantikan perannya sebagai seorang guru. ✅
b. Guru keliru menggunakan media pembelajaran berbasis TIK karena aplikasi berbasis TIK pada umumnya akan membuat peserta didik menjadi pasif.
c. Guru telah melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan abad ke-21 dan menyiapkan peserta didik pada Era Revolusi Industri 4.0.
d. Guru telah melaksanakan tugasnya dengan sangat baik dengan memanfaatkan aplikasi berbasis TIK selama pembelajaran berlangsung.
e. Guru telah menempatkan aplikasi berbasis TIK sesuai dengan perannya sehingga peserta didik aktif selama pembelajaran berlangsung.
6. Seorang guru kelas menugaskan setiap kelompok untuk menulis laporan hasil wawancara kelompok tentang berbagai profesi masyarakat di sekitar sekolah. Sebaiknya setiap kelompok ditugaskan untuk menuliskan laporan hasil wawancara menggunakan aplikasi ...
a. Macromedia Flash.
b. Microsoft Excel.
c. Microsoft Word. ✅
d. Corel Draw.
e. Microsoft Powerpoint
7. Seorang guru kelas menampilkan stimulus pembelajaran berbentuk gambar diam dan materi pembelajaran tentang kebakaran hutan yang relevan dengan tema dan subtema pembelajaran menggunakan aplikasi Microsoft Word yang ditayangkan dengan proyektor. Bagaimanakah menurut pendapat Anda tentang aplikasi yang digunakan oleh guru tersebut? ...
a. Aplikasi yang dipilih kurang tepat karena untuk menampilkan gambar diam dan materi pembelajaran sebaiknya menggunakan Microsoft Powerpoint. ✅
b. Aplikasi yang dipilih guru harus disesuaikan dengan kemampuan guru dalam membuat dan menggunakannya.
c. Aplikasi yang dipilih tepat karena Microsoft Word memiliki fasilitas untuk menampilkan berbagai teks untuk kepentingan pembelajaran.
d. Aplikasi yang dipilih kurang tepat karena untuk menampilkan gambar diam dan materi pembelajaran sebaiknya menggunakan Microsoft Excel.
e. Aplikasi yang dipilih tepat karena Microsoft Word paling mudah dan biasa digunakan oleh guru untuk kepentingan pembelajaran.
8. Seorang guru kelas menggunakan aplikasi pembelajaran tematik berbasis TIK yang telah tersedia secara pabrikan di pasaran. Aplikasi pembelajaran tersebut memindahkan materi-materi pembelajaran yang terdapat dalam Buku Guru dan Buku Siswa untuk semua tema, subtema, dan pembelajaran sehingga guru selama pembelajaran berlangsung hanya menayangkan aplikasi pembelajaran tersebut melalui proyektor dan diakhiri dengan menutup pembelajaran. Bagaimanakah menurut pendapat Anda tentang pembelajaran menggunakan aplikasi pembelajaran tematik berbasis TIK oleh guru tersebut?
a. Pembelajaran menggunakan aplikasi tersebut dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
b. Pembelajaran menggunakan aplikasi tersebut menggantikan peran guru selama pembelajaran berlangsung. ✅
c. Pembelajaran menggunakan aplikasi tersebut dapat memotivasi peserta didik untuk belajar.
d. Pembelajaran menggunakan aplikasi tersebut telah menggantikan peran Buku Guru dan Buku Siswa sebagai bahan ajar.
e. Pembelajaran menggunakan aplikasi tersebut relevan dengan konten kurikulum yang sedang berlaku.
9. Dalam pembelajaran Matematika di kelas VI SD, guru menugaskan setiap peserta didik untuk melakukan eksplorasi matematis tentang Teorema Pitagoras dalam mencari panjang sisi miring berbagai segitiga siku-siku. Aplikasi yang tepat dapat digunakan dalam pembelajaran tersebut adalah ...
a. Geometer Scetchpad. ✅
b. Macromedia Flash.
c. Microsoft Excel.
d. Geogebra.
e. Corel Draw
10. Seorang guru kelas telah menyusun soal-soal objektif berbentuk pilihan banyak untuk dikerjakan oleh setiap peserta didik di rumahnya. Untuk mengurangi penggunaan kertas, guru tersebut mengirimkan soal-soal tersebut kepada setiap peserta didik menggunakan WhatsApp dalam format doc. Microsoft Word. Bagaimanakah menurut pendapat Anda tentang penggunaan aplikasi pengembangan soal oleh guru tersebut?
a. Aplikasi yang digunakan oleh guru tepat karena mudah dikirimkan lewat fasilitas WhatsApp.
b. Sebaiknya guru menggunakan aplikasi penilaian seperti KAHOOT karena aplikasi Microsoft Word akan menyulitkan guru untuk memeriksa hasil kerja peserta didik.
c. Aplikasi yang digunakan oleh guru sangat tepat untuk mengurangi penggunaan kertas oleh peserta didik.
d. Sebaiknya guru menggunakan aplikasi penilaian seperti KAHOOT karena aplikasi Microsoft Word tidak memiliki fasilitas untuk mengolah data hasil belajar peserta didik. ✅
e. Sebaiknya guru menggunakan aplikasi penilaian seperti KAHOOT karena aplikasi Microsoft Word tidak memiliki fasilitas untuk menampilkan teks.
Demikian tadi artikel tentang Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul Tematik BerbasisTIK KB 4 PPG Terbaru . Semoga bermanfaat.
Baca Juga :
Modul 1 - Konsep Dasar Ilmu Pendidik
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 1 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 2 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 3 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 4 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik
Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 1 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik
Kunci Jawaban Tugas Akhir Pedagogik 1 - Konsep Dasar Ilmu Pendidik
Modul 2 - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 1 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 2 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 3 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 4 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21
Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 2 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21
Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul 2 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21
Modul 3 - Pembelajaran Inovatif
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 1 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 2 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 3 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 4 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif
Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 3 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif
Kunci Jawaban Tes Akhir Modul 3 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif
Modul 4 - Perancangan Pembelajaran Inovatif
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 1 - Merancang Pembelajaran Inovatif
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 2 - Merancang Pembelajaran STEAM
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 3 - Merancang Pembelajaran Blended Learning
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 4 - Merancang Pembelajaran Project Based Learning
Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 4 - Perancangan Pembelajran Inovatif
Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul 4 - Perancanan Pembelajaran Inovatif