Tugas Akhir PPG Soal dan Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul PPKN PPG Terbaru

Soal dan Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul PPKN PPG Terbaru - Pada kesempatan kali ini, saya ingin membagikan Soal dan Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul PPKN. Modul 5 tentang Pendalaman Materi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dapat diselesaikan dengan baik, tertib, dan efektif tanpa kendala apapun yang berarti. Modul 5 ini disusun dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta PPG dalam memahami dan menguasai materi PPKN untuk kemudian nantinya dapat digunakan dan diterapkan sekaligus juga dapat diaplikasikan dalam pembelajaran mata pelajaran PPKN di Sekolah Dasar, Modul 5 ini dikembangkan menjadi empat kegiatan belajar sebagai berikut.

1. Kegiatan Belajar 1: Hak Azasi Manusia
2. Kegiatan Belajar 2: Persatuan dan Kesatuan Dalam Keberagaman Masyarakat Multikultural
3. Kegiatan Belajar 3: Konsep Nilai, Moral dan Norma
4. Kegiatan Belajar 4: Pancasila dan Kewarganegaraaan global

Baca Juga :

Modul 1 Profesional - Bahasa Indonesia






Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul Profesional - Bahasa Indonesia 


Modul 2 Profesional - Matematika

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 1 Profesional  - Matematika

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 2 Profesional  - Matematika

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 3 Profesional  - Matematika

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 4 Profesional  - Matematika

Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 2 Profesional  - Matematika

Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul 2 Profesional  - Matematika

Modul 3 Profesional - IPA








Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul PPKN KB 4 PPG Terbaru

1. Secara yuridis pengakuan>, penghormatan dan penegakkan HakAsasiManusia(HAM) sangat penting diwujudkan>, karena … .

A. penegakkan HAM merupakan ciri negara demokratis

B. jaminan perwujudan HAM terdapat dalam konstitusi 

C. penghormatan terhadap HAM merupakan amanat ideologi negara

D. penegakkan HAM merupakan bagian tidakterpisahkan> dari kebijakanPresiden

E. pengakuan terhadap HAM terdapat dalam berbagai jenis peraturan

 

2. Bagi bangsa Indonesia, pengakuan, penghormatan dan penegakkan Hak Asasi Manusia (HAM) sangat penting diwujudkan, karena merupakan salah satu bentuk pengamalan Pancasila terutama sila … .

A. Ketuhanan Yang Maha Esa

B. Kemanusian Yang Adil dan Beradab

C. Persatuan Indonesia

D. Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Ke<bijaksanaan dalam Permusyawaratan/ Perwakilan

E. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

 

3. Hak asasi manusia adalah adalah hak dasar yang dianugerahkan Tuhan Yang Maha Esa kepada seluruh umat manusia. Dengan demikian hak asasi manusia mempunyai sifat....

A. hakiki

B. universal

C. tak terbatas

D. tidak dapat dibagi

E. individual

 

4. Bagi seorang tersangka atau terdakwa dalam perkara pidana berhak mendapatkan perlindungan hukum dan didampingi penasehat hukum. Hal tersebut merupakan perwujudan ... .

A. social rights

B. political rights

C. procedural rights

D. economical rights

E. proverty rights

 

5. Perhatikan tabel berikut ini !

3. Berdasarkan data pada tabel tersebut, manakah yang merupakan upaya pemajuan HAM pada periode 1998 s.d sekarang?

A. 1A, 2B dan 3C

B. 1A, 3B dan 2C

C. 2A, 1B dan 1C

D. 3A, 2B dan 2C

E. 3A, 3B dan 3C

 

6. Saat ini sering terjadi pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) dalam bentuk tindak kekerasan yang menimpa para pelajar. Tindak kekerasaan tersebut sering dikenal dengan istilah bullying. Pelaku bullying bisa dari oknum pelajar atau pihak lainnya. Tindakan tersebut sebetulnya dapat dihindari apabila penegakkan HAM dapat diwujudkan di berbagai lingkungan kehidupan. Sebagai seorang pelajar>, bentuk peran serta yang dapat ditampilkan untuk mencegah terjadinya bullying sebagai bagian dari upaya penegakkan HAM, diantaranya adalah dengan ... .

A. mengusulkan kepada pemerintah untuk membentuk peraturan yang khusus mengatur pencegahan terhadap bullying

B. meningkatkan pemahaman mengenai jenis-jenis bullying yang terjadi di berbagai lingkungan kehidupan

C. melaporkan setiap tindakan bullying kepada aparat kepolisian dan kepala sekolah

D. mengusulkan kepada pemerintah untuk membentuk suatu lembaga nasional anti bullying

E. membuat tulisan tentang pencegahan tindakan bullying di media cetak nasional mapun lokal.

 

7. Kasus perbudakan buruh kuali yang pernah disidangkan oleh Pengadilan Negeri Tangerang (PN Tangerang) dengan Terdakwa YI dan kawan-kawan merupakan salah satu kasus pelanggaran Hak Asasi Manusia. Kasus tersebut sebenarnya dapat dihindari, apabila masyarakat berperan serta dalam upaya penegakkan HAM untuk mencegah terjadinya pelanggaran HAM. Salah satu bentuk peran serta yang dapat ditampilkan oleh anggota masyarakat diantaranya adalah ... .

A. mengawal pelaksanaan undang-undang tentang hak asasi manusia

B. melaporkan setiap pelanggaran ham yang terjadi di masyarakat

C. meningkatkan pemahaman mengenai hak dan kewajiban asasi manusia

D. mengawasi kinerja komnas ham sebagai salah satu instrumen penegakkan ham

E. membuat petisi tentang efektifitas penegakkan ham oleh Pemerintah

 

8. Pada dasarnya upaya pemajuan>, penghormatan dan penegakan hak asasi manusia sering mengalami kendala-kendala dalam pelaksanaannya. Hal tersebut disebabkan karena penegakan> hak asasi manusia masih bersifat parsial atau/ berdiri sendiri. Untukitu, dibutuhkan> peran serta segenapkomponen bangsa, yaitumasyarakat dan pemerintah. Berkaitan dengan haltersebut, bagaimana hubungan peran pemerintah dan masyarakat dalam upaya pengakuan, penghormatan dan penegakkan HAM?

A. Masyarakat bisa lebih berperan aktif dengan melakukan tindakan tegas dan keras kepada semua lembaga atau organisasi yang tidak mendukung kebijakan pemerintah dalam proses pengakuan, penghormatan dan penegakkan HAM.

B. Pemerintah dapat memaksa masyarakat untuk patuh terhadap semua kebijakan dalam proses pengakuan, penghormatan dan penegakkan HAM, serta memberikan sanksi kepada siapa saja yang mengkritisi kebijakan tersebut.

C. Pemerintah dapat menjadikan laporan masyarakat mengenai terjadinya pelanggaran HAM sebagai dasar untuk bertindak tegas dengan menggunakan kekerasan dalam rangka menjamin terwujudnya penghormatan dan penegakkan HAM.

D. Pemerintah dan masyarakat berperan sesuai dengan kehendaknya dalam mewujudkan pengakuan, penghormatan dan penegakkan hak asasi manusia, karena keduanya memiliki peran yang berbeda serta tidak saling berkaitan satu sama lain.

E. Pemerintah bertindak sebagai regulator atau pembuat kebijakan penegakkan HAM, sementara itu masyarakat mendukung dengan tetap bersikap kritis kebijakan pemerintah tersebut dalam proses penegakkan HAM.

 

9. Pada saat ini kecintaan terhadap tanah air, bangsa, dan negara tidak ditampilkan dalam bentuk keikutsertaan dalam peperangan fisik, akan tetapi diwujudkan dalam kegiatan pembangunan di segala bidang. Berkaitan dengan hal tersebut, salah satu contoh sikap/perilaku yang mencerminkan kecintaan kepada tanah air di bidang politik adalah … .

A. mengembangkan koperasi berasaskan kekekeluargaan untuk kesejahteran bersama

B. menerima pengaruh asing yang dapat memajukan dan mengembangkan kebudayaan nasional

C. menjauhi paham kedaerahan yang dapat melemahkan persatuan dan kesatuan bangsa

D. berani melaporkan kepada pihak yang berwajib apabila terjadi pelanggaran

E. mendukung dan melaksanakan semua kebijakan pemerintah pusat dan daerah

 

10. Secara geografis Indonesia berada pada posisi silang, karena diapit oleh dua benua (Asia di utata dan Australia di Selatan) dan dua samudera (Pasifik di utara dan Hindia di selatan). Posisi slang Indonesia merupakan sebuah potensi sealigus ancaman bagi inte<grasinasional bangsa Indonesia. Dikatakan sebuah potensi karena akan memberikan> dampak positif bagi kemajuan bangsa Indonesia. Akan tetapi, posisisilang ini juga mejadikanIndonesia sebagainegara yang tidak< terbebas dari ancaman yang dapat memecah belah bangsa. Ancaman bagi bangsa Indonesia ada di berbagai bidang kehidupan. Salah satu bentuk ancaman terhadap persatuan dan kesatuan bangsa di bidang sosial adalah … .

A. munculnya berbagai paham radikal dalam bentuk aksi terror kepada pemerintah maupun masyarakat

B. gejala bangkitnya kembali komunisme, meskipun paham ini sudah dilarang oleh negara

C. gaya hidup individualistis yang semakin melunturkan budaya gotong royong pada masyarakat Indonesia

D. timbulnya kesenjangan yang tajam sebagai akibat dari adanya persaingan bebas

E. Indonesia akan dibanjiri oleh barang-barang dari luar seiring dengan adanya perdagangan bebas.

 

11. Berikut ini beberapa aspek wawasan nusantara

1) Ideologi

2) Demografi

3) Politik

4) Geografi

5) Ekonomi

6) Kekayaan alam

7) Pertahanan/keamanan

Berdasarkan data tersebut, aspek alamiah wawasan nusantara ditunjukan oleh nomor

… .

A. 1, 2 dan 3

B. 1, 3 dan 5

C. 2, 4 dan 6

D. 3, 5 dan 7

E. 4, 6 dan 7

 

12. Perhatikan perwujudan kepulauan nusantara di bawah ini :

(1) Bahwa ancaman terhadap satu daerah pada hakikatnya merupakan ancaman bagi seluruh bangsa dan negara.

(2) Bahwa tiap-tiap warga negara mempunyai hak dan kewajiban yang sama di dalam pembelaan negara.

Dua pernyataan di atas merupakan perwujudan dari ....

A. Kepulauan Nusantara sebagai satu kesatuan ideologi

B. Kepulauan Nusantara sebagai satu kesatuan ekonomi

C. Kepulauan Nusantara sebagai satu kesatuan sosial budaya

D. Kepulauan Nusantara sebagai satu kesatuan politik

E. Kepulauan Nusantara sebagai satu kesatuan pertahanan keamanan

 

13. Sebagai warga negara Indonesia kita sudah tidak asing lagi dengan slogan Bhinneka Tunggal Ika. Slogan> yang merupakan prinsip daripandangan hdupnegara kita terhadap> kemajemukan suku-suku yang ada di dalamnya. Berdasarkan hal tersebut, fungsi dari semboyan Bhinneka Tunggal Ika adalah …. 

A. menjadi landasan mewujudkan persatuan dan juga kesatuan bangsa Indonesia

B. sebagai pedoman untuk mengembangkan kebudayaan daerah masing- masing

C. menjadi landasan dalam berperilaku antarsuku bangsa yang berbeda- beda

D. sebagai pedoman menyusun amandemen terhadap UUD NRI Tahun 1945

E. menjadi landasan dalam menerapkan Pancasila sebagai ideologi terbuka

 

14. Indonesia memiliki keanekaragaman dalam brbagai aspek kehidupan sosial budaya>, seperti adat istiadat, bahasa, agama, kesenian, dan sebagainya. Perbedaan atau/ keanekaragaman tersebut tidak menjadikanbangsa Indonesia bercerai  >berai, namun justru merupakanpotensi untuk mengembangkan dirinya menjadibangsa yang besar. Hal ini dapat terwujud apabila setiap warga negara menampilkan sikap atau perilaku warga negara yang dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, seperti sikap toleransi dan tenggang rasa antaragama, antarsuku, antar golongan dan antarbangsa. Salah satu arti penting sikap/perilaku yang menunjang terciptanya persatuan dan kesatuan bangsa adalah … .

A. memperkuat posisi kebudayaan daerah di atas kebudayaan nasional untuk menunjang kemajuan negara

B. meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap suku atau daerhanya melebihi kecintaannya kepada negara

C. memperkuat kedudukan pemerintah pusat di atas pemerintah daerah atau pemerintahan tradisional

D. memperkuat kedudukan bahasa daerah sebagai salah satu simbol persatuan dan kesatuan bangsa

E. menjadikan perbedaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai faktor penunjang keberhasilan pembangunan

 

15. Persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia sangat dinamis. Adakalanya persatuan dan kesatuan bangsa itu begitu kokoh, tetapi ada juga masa ketika persatuan dan kesatuan bangsa mendapat ujian ketika dirongrong oleh gerakan-gerakan pemberontakan yang ingin memisahkan diri dari NKRI, serta segala bentuk teror yang bisa berdampak munculnya perpecahan di kalangan masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, menjaga persatuan dan kesatuan bangsa harus dilakukan. Berkaitan dengan hal tersebut, salah satu alasan pentingnya kita menjaga persatuan dan kesatuan bangsa adalah … .

A. kemajuan ekonomi suatu negara sangat ditentukan oleh kemampuan rakyatnya dalam menjaga persatuan dan kesatuan

B. persatuan dan kesatuan bangsa menentukan harkat dan derajat Bangsa Indonesia dalam pergaulan dengan bangsa lainnya

C. paham kedaerahan akan semakin kuat apabila persatuan dan kesatuan bangsanya pun semakin kokoh dan selalu dijaga

D. persatuan dan kesatuan merupakan alat bagi bangsa Indonesia untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur

E. Negara Kesatuan Republik Indonesia dapat mensejajarkan diri dengan bangsa lain dalam pergaulan internasional

 

16. Sebagai sebuah ideologi, Pancasila kaya akan nilai-nilai baik yang bersumber dari budaya bangsa Indonesia pada masa dahulu, maupun budaya dan pemikiran bangsa Indonesia pada saat sekarang. Tidak hanya itu, Pancasila juga menerima nilai-nilai dan pemikiran dari luar budaya negara kita yang sesuai dengan kepribadian bangsa dan negara Indonesia. Hal tersebut menjadikan Pancasila menjadi ideologi yang penting dan dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia. Berkaitan dengan hal itu, arti penting Pancasila sebagai ideologi negara adalah …

A. Pancasila Isinya terdiri dari tuntutan-tuntutan konkret dan operasional yang diperlukan dan wajib ditaati oleh seluruh warga masyarakat

B. Pancasila diciptakan oleh negara, dalam hal ini penguasa negara yang mutlak harus diikuti oleh seluruh warga masyarakat

C. Pancasila bersifat utopis, sehingga mendorong masyarakat Indonesia untuk mempunyai cita-cita yang tinggi

D. Pancasila dapat membentuk identitas atau karakter kebangsaan yang membedakan masyarakat Indonesia dengan masyarakat bangsa lainnya di dunia

E. Pancasila dapat mengubah pola pikir masyarakat Indonesia, karena nilai-nilainya selalu beriringan dengan liberalisme yang dianggap lebih modern

 

17. Pancasila berkedudukan sebagai sumber nilai dan dasar negara. Dua kedudukan Pancasila tersebut sangat penting bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Berkaitan dengan hal tersebut, makna kedudukan Pancasila sebagai sumber nilai dan dasar negara adalah … .

A. sebagai sumber nilai, Pancasila merupakan dasar etika kehidupan berbangsa dan bernegara. Sedangkan sebagai dasar negara, Pancasila merupakan acuan bagi Kepala Daerah dalam membuat kebijakan luar negeri

B. sebagai sumber nilai, Pancasila merupakan landasan moral bagi pemerintah dalam menetapkan dan memberlakukan kebijakan-kebijakan negara. Sedangkan sebagai dasar negara, Pancasila merupakan dasar pembentukan norma hukum

C. sebagai sumber nilai, Pancasila merupakan landasan moral bagi pemerintah dalam menetapkan dan memberlakukan kebijakan-kebijakan negara. Sedangkan sebagai dasar negara, Pancasila merupakan dasar pembentukan berbagai peraturan daerah

D. sebagai sumber nilai, Pancasila merupakan pandangan hidup bangsa Indonesia. Sedangkan sebagai dasar negara, Pancasila merupakan landasan moral bagi pemerintah dalam menetapkan dan memberlakukan kebijakan-kebijakan negara

E. sebagai sumber nilai, Pancasila merupakan dasar etika kehidupan berbangsa dan bernegara. Sedangkan sebagai dasar negara, Pancasila merupakan acuan bagi Kepala Daerah dalam membuat kebijakan luar negeri

 

18. IPTEK di berbagai negara khususnya dalam bidang teknologi informasi, komunikasi, dan trasportasi telah membuat dunia ini seolah-olah tanpa batas. Arus informasi dan komunikasi dari berbagai negara menjadi cepat dan biaya yang dikeluarkan pun cukup murah. Kondisi tersebut tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi penerapan nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi terbuka. Berkaitan dengan hal itu, bagaimana tantangan penerapan nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi negara apabila dikaitkan perkembangan IPTEK?

A. Pembangunan IPTEK harus mendorong terwujudnya sistem ekonomi berbasis pasar dan moderen yang mempercepat terwujudnya kesejahteraan rakyat.

B. Pembangunan IPTEK ditujukan untuk meningkatkan derajat kemerdekaan manusia dengan segala bentuk kebabasannya.

C. Perkembangan IPTEK harus dapat mendorong masyarakat Indonesia memanfaatkan teknologi untuk berbagai kepentingan.

D. Perkembangan IPTEK harus dapat mempertahankan nilai-nilai budaya daerah dan budaya nasional sebagai landasan kehidupan masyarakat Indonesia.

E. Perkembangan IPTEK harus fokus pada terciptanya inovasi di berbagai bidang yang bermanfaat bagi kehormatan dan kemajuan bangsa.

 

19. Globalisasi politik telah memunculkan isu demokratisasi menjadi acuan utama bagi eksistensi suatu negara sebenarnya. Hal tersebut secara tidak langsung telah menutup mata kita terhadap mana benar dan yang salah. Segala sesuatu peristiwa selalu dikaitkan dengan demokratisasi. Akan tetapidemokatisasi yang diusung adalahdemokasi yang dikehendaki oleh negara-negara adi>daya yang digunakan untuk menekan bahkanmenyerang negara-negara berkembang yang tidak sekutunya. Akibatnya adalah selalu terjadi konflikkepentingan yang padaakhirnya mengarah kepada pertikaian antar negara. Oleh karena itu, bagaimana sikap Bangsa Indonesia dalam merespon perkembangan globalisasi politik tersebut?

A. Bangsa Indonesia harus menyesuaikan demokrasi Pancasila yang sedang diterapkan dengan memperhatikan nilai-nilai kebebasan yang berkembang saat ini.

B. Bangsa Indonesia harus mempertimbangkan isu-isu internasional dalam menetapkan kebijakan di berbagai bidang termasuk bidang politik

C. Melakukan amandemen UUD NRI 1945 untuk memasukkan nilai-nilai kehidupan yang lebih modern supaya mendapatkan kepastian hukum.

D. Bangsa Indonesia harus memperkokoh paham kedaerahan yang berdasar pada nilai-nilai kekeluargaan dan kedaulatan rakyat

E. Bangsa Indonesia harus mempu menunjukkan eksistensinya sebagai negara berdaulat, namun tidak meninggalkan kerjasama dengan negara-negara lain.

 

20. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini.

1) Meningkatnya demokratisasi, tranparansi dalam pemerintahan.

2) Meningkatkan kemakmuran masyarakat

3) Terwujudnya jaminan hak asasi manusia oleh suatu negara.

4) Mendorong para pengusaha untuk meningkatkan efisiensi dan menghilangkan biaya tinggi.

5) Meningkatnya kualitas dan kuantitas partisipasi politik rakyat.

6) Meningkatkan kesempatan kerja dan devisa negara.

7) Terwujudnya kebebasan yang bertanggungjawab sehingga dapat mendorong kreatifitas masyarakat

8) Makin terbukanya pasar internasional bagi hasil produksi dalam negeri .

Berdasarkan pernyataan-pernyataan tersebut, manakah yang merupakan dampak positif globalisasi di bidang politik?

A. 1, 3, 5 dan 7

B. 2, 4, 6 dan 8

C. 3, 4, 5 dan 6

D. 4, 6, 7 dan 8

E. 5, 6, 7 dan 8

 

21. Kecanggihan alat komunikasi yang ditandai dengan munculnya internet secara langsung telah mempermudah kita untuk memperoleh informasi dari belahan bumi lainnya, sehingga kita secara tidak langsung telah melakukan proses tranformasi ilmu yang sangat bermanfaat bagi kita. Selain itu juga, dengan adanya informasi tersebut kita bisa mencontoh atau belajar banyak dari tata nilai

kehidupan, pola berpikir yang baik, maupun ilmu pengetahuan dan teknologi dari bangsa lain yang telah maju untuk kemajuan dan kesejahteraan kita. Kondisi tersebut menunjukkan terjadinya globalisasi pada bidang … .

A. ideologi

B. politik

C. ekonomi

D. sosial budaya

E. pertahanan dan keamanan

 

22. Dalam bidang sosial, globalisasi telah membawa pengaruh dalam perilaku yang ditampilkan oleh setiap masyarakat. Diantara pengaruh tersebut adalah dalam hal gaya hidup, gaya pakaian, dasar ikatan hidup bermasyarakat dan semakin mudahnya mendapatkan informasi dan ilmu pengetahuan. Berkaitan dengan hal tersebut, bagaimana sikap Bangsa Indonesia dalam merespon perkembangan globalisasi sosial?

A. Bangsa Indonesia harus menerima sepenuhnya nilai-nilai kehidupan yang berkembang pada masyarakat Internasional

B. Bangsa Indonesia harus meniolak sepenuhnya semua nilai-nilai kehidupan yang berkembangsa pada masyarakat Internasional

C. Bangsa Indonesia harus bersikap terbuka terhadap berbagai pengaruh globalisasi dengan cara meninggalkan semua tradisi kedaerahan.

D. Bangsa Indonesia harus bersikap selektif terhadap pengaruh globalisasi sosial dengan memperkuat paham kedaerahan.

E. Bangsa Indonesia harus memanfatkan kemajuan ilmu pengetahuan dengan tidak meninggalkan nilai-nilai kebangsaan yang selama ini diyakini kebenarannya.

 

23. Kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, banyak nilai yang mengatur demi keharmonisan hidup bersama, diantaranya ada yang disebut : nilai sosial, nilai kebenaran, nilai keindahan, nilai moral, dan nilai agama. Dari nilai- nilai yang ada nilai dianggap memiliki kedudukan tertinggi dalam kehidupan berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat, adalah …..

A. Nilai yang bersumber dari unsur rasa yang terdapat pada setiap diri manusia, dan biasa disebut dengan nilai estetika yang bersumber dari yang indah.

B. Nilai yang bersumber dari nilai-nilai ketuhanan tersimpan dalam ajaran agama, bersumber dari yang maha tinggi dan menjamin kebahagiaan dunia dan ahirat.

C. Nilai yang besumber dari kehendak atau kemauan, dengan nilai ini manusia dapat bergaul dengan baik diantara sesame manusia lainnya dalam kehidupan bermasyarakat.

D. Nilai yang melakat pada masyarakat berkaitan dengan sikap dan tindakan manusia nilai ini menjadi ciri bahwa manusia tidak dapat hidup mandiri.

E. Nilai yang bersumber dari akal manusia. Nilai ini mutlak dibawa sejak lahir. Oleh karenanya ada yang menyatakan nilai ini merupakan kodrat dari Tuhan.

 

24. Demi kelangsungan kehidupan dibutuhkan berbagai nilai sosial, Notonagoro membagi nilai-nilai sosial demi menunjang kelangsungan hidupnya kedalam : nilai material, nilai vital, dan nilai rohani. Nilai vital berkaitan dengan ….

A. Nilai sosial yang berguna bagi meneuhi kebutuhan rohani atau spiritual manusia yang sifatnya lebih universal atau umum.

B. Nilai sosial yang berguna bagi aktivitas atau kegiatan manusia dalam menjalankan kehidupannya sehari-hari.

C. Nilai sosial yang berguna bagi jasmani manusia, termasuk benda-benda nyata yang dapat dimanfaatka bagi pemenuhan kebutuhan fisik.

D. Merupakan nilai ketuhanan yang mengandung satu keyakinan atau kepercayaan oleh manusia terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

E. Nilai yang berkaitan dengan perasaan dan jiwa keindahan manusia, atau sering juga disebut sebagai nilai estetika.

 

25. Moral memiliki arti sangat luas, ada yang menyatakan sebagai aturan kesusilaan berkaitan dengan benar, salah, baik, maupun buruk. Moral pada prinsipnya sebagai perangkat pengaturan dalam kehidupan bermasyarakat ….

A. Alat untuk mengukur kadar baik dan buruknya sebuah tindakan manusia, mungkin sebagai anggota masyarakat (member of society) atau sebagai manusia yang memiliki posisi tertentu.

B. Perilaku yang sesuai dengan kode moral kelompok sosial, juga berarti tata cara, kebiasaan, dan adat, yang telah menjadi kebiasaan sebagai budaya.

C. Akhlak yang sesuai dengan perautran sosial, atau menyangkut hukum atau adat kebiasaan yang mengatur tingkah laku.

D. Berhubungan dengan apa yang benar dan salah dalam perilaku manusia, dianggap benar dan baik oleh kebanyakan orang sesuai standar yang berlaku.

E. Ajaran tentang baik buruk yang diterima umum mengenai perbuatan, sikap, kewajiban, dan sebagainya; akhlak; budi pekerti, dan susila.

 

26. Jean Piaget sebagai ahli perrkembangan Kognitif membagi perkembangan konitif seorang ke dalam tahap : 1) tahap sensori motor; 2) tahap operasional; 3) tahap praoperasional konkret; dan 4) tahap operasional formal. Tahap operasional formal ini merupakan tahap yang paling tinggi dari tahap perkembangan kognitif seorang anak manusia dapat dipahami dari pernyataan di bawah ini, yakni ….

A. Pada tahap ini anak dicirikan dengan tindakannya yang suka meniru dan bertindak secara refleks, orang-rang dewasa disekitarnya menjadi teladan baginya.

B. Pada tahap ini anak mulai mengunakan simbol dan bahasa, dengan penggunaan bahasa anak mulai memikirkan yang terjadi sekarang, tetapi yang sudah lalu.

C. Pada tahap ini anak sudah mulai berpikir transpormasi. Pada tahap ini anak mulai mampu membuat klasifikasi, anak sudah mengerti sebab akibat.

D. Pada tahap ini anak sudah mampu berpikir formal, abstrak, berpikir deduktif, induktif, dan menyusun hipotesis.

E. Pada tahap dimana anak tidak dapat berpikir rasional tanpa dituntun oleh yang lebih dewasa, dan selamanya harus dipandu.

 

27. Norma yang mengatur hidup dan kehidupan manusia dilihat dari daya pengikatnya terhadap kehidupan sosial di masyarakat dapat berupa : cara (usuge), Tata kelakuyarakat baian (mores), adat istiadat (custom), Hukum (law), dan norma mode atau norma fashion. Norma yang berkaitan dengan mengatur di lingkungan masyarakat diantaranya Hukum (law), yang dicirikan ….

A. Norma yang lahir dari adanya kehadiran gaya dan cara anggota masyarakat yang cenderung berubah, bersifat baru dan diikuti masyarakat.

B. Tata kelakuan yang terintegrasi kemudian menjadi kuat keberadaannya dengan pola perilaku masyarakat dan terus meningkat sehingga menjadi kebiasaan.

C. Kebiasaan yang tidak semata-mata dianggap sebagai suatu cara dalam suatu cara berperilaku, namun dapat diterima sebagai norma pengatur.

D. Mengacu pada bentuk perbuatan-perbuatan yang lebih menonjolkan pada hubungan yang terjadi antar individu.

E. Lahir dari kehidupan bermasyarakat dan bernegara baik tertulis maupun tidak tertulis, yang dicirikan oleh adana penegak hukum dalam menertibkan pelanggar.

 

28. Tiap hubungan mengandung nilai, moral, dan norma, yakni tidak ada hubungan sosial yang terlepas tanpa hubungan susila. Hubungan sosial ini ada yang bersifat social horizontal, dan social vertical. Yang dimaksud dengan hubungan social horizontal berkaitan dengan ….

A. hubungan yang bersifat pribadi antara individu dengan tuhannya, bersifat transendental atau hubungan rohaniah.

B. hubungan yang terjadi antara sesama antar manusia dalam kehidupan bermasyarakat secara umum.

C. hubungan yang dilakukan antar pribadi dengan pribadi lainnya sesama manusia dalam memenuhi kebutuhan hajat hidupnya.

D. hubungan pribadi sesama manusia dengan tuhannya yang bersifat alamiah sebagai mahluk tuhan.

E. hubungan antara Negara secara dan warga Negara dalam hubungannya dengan hak kewajibannya.

 

29. Penerapan secara nyata tentang nilai, moral, dan norma dan kaidah-kaidah masyarakat lainnya dalam kehidupan setidaknya memiliki dua alasan pokok, yakni :

A. Kepentingan Negara dan kepentingan masyarakat tertentu yang ada dalan Negara tersebut.

B. Kepentingan Negara dan kepentingan pemerintahan Negara semata.

C. Kepentingan dirinya sendiri sebagai individu dan kepentingan stabilitas kehidupan masyarakat.

D. Kepentingan tiap-tiap individu berdasarkan kepentingannya masing- masingdalam komunitasnya.

E. Kepentingan stabilitas masyarakat sebagai warga Negara terhadap negaranya dalam menjalankan hak dan kewajibannya.

 

30. Simak ceritera moral dan norma berikut; Hendra dijebloskan ke dalam penjara selama 20 tahun karena ia telah membobol sebuah toko obat dan mencuri obat demi kesembuhan ibunya, karena kemiskinan. Namun baru 2 tahun ia kabur dari tahanan, dan ia berhasil keluar dari pulau Jawa dengan nama samaran, di luar Pulau Jawa ia berhasil mendirikan pabrik obat dengan banyak mempekerjakan karyawan. 20 tahun berlalu, ada seseorang yang mengenali Hendra si boss pabrik obat sebagai bekas narapidana yang kabur dari tahanan di pulau Jawa. Pertanyaannya apakah orang yang melihat tersebut sebagai warga Negara yang baik harus melaporkannya ke Polisi ?

A. Melaporkannya, sebab ia akan mendapat hukuman bila tidak melaporkan, dan dianggap melindungi.

B. Tidak melaporkan, sebab lebih baik melihat orang bahagia daripada menderita, dan ia cari selamat saja.

C. Tidak melaporkannya, karena kesalahan Hendra telah tergantikan dengan kebaikannya mempekerjakan karyawan pabrik.

D. Tidak melaporkannya, sebab ia tidak ada urusan atau masalah dengan dirinya dan keluarganya.

E. Melaporkannya, karena mungkin ia akan memperoleh imbalan atau penghargaan dari pemerintah atau masyarakat.

 

Demikian tadi artikel tentang Soal dan Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul PPKN PPG Terbaru . Semoga Bermanfaat.

Baca Juga :
Modul 1 - Konsep Dasar Ilmu Pendidik
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 1 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 2 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 3 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 4 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik

Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 1 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik

Kunci Jawaban Tugas Akhir Pedagogik 1 - Konsep Dasar Ilmu Pendidik


Modul 2 - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 1 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 2 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 3 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 4 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 2 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul 2 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Modul 3 - Pembelajaran Inovatif
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 1 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 2 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 3 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 4 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 3 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Akhir Modul 3 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Modul 4 - Perancangan Pembelajaran Inovatif
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 1 - Merancang Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 2 - Merancang Pembelajaran STEAM

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 3 - Merancang Pembelajaran Blended Learning

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 4 - Merancang Pembelajaran Project Based Learning

Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 4 - Perancangan Pembelajran Inovatif

Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul 4 - Perancanan Pembelajaran Inovatif





Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel