Tugas Akhir PPG Soal dan Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul IPS PPG Terbaru

Soal dan Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul IPS PPG Terbaru - Pada kesempatan kali ini, saya ingin membagikan Soal dan Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul IPS - Profesional. Modul 4 tentang Pendalaman Materi Ilmu Pengetahuan Sosial SD dapat diselesaikan dengan baik, tertib, dan efektif tanpa kendala apapun yang berarti.  Modul 4 ini disusun dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta PPG dalam memahami dan menguasai materi IPS untuk kemudian nantinya dapat digunakan dan diterapkan sekaligus juga dapat diaplikasikan dalam pembelajaran mata pelajaran IPS di Sekolah Dasar, Modul 4 ini dikembangkan menjadi empat kegiatan belajar sebagai berikut.
1. Kegiatan Belajar 1: Manusia, Tempat, dan Lingkungan
2. Kegiatan Belajar 2: Waktu, Perubahan, dan Sistem Sosial Budaya
3. Kegiatan Belajar 3: Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan
4. Kegiatan Belajar 4: Fenomena Interaksi dalam Perkembangan IPTEK dan Masyarakat Global

Baca Juga :

Modul 1 Profesional - Bahasa Indonesia






Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul Profesional - Bahasa Indonesia 


Modul 2 Profesional - Matematika

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 1 Profesional  - Matematika

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 2 Profesional  - Matematika

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 3 Profesional  - Matematika

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 4 Profesional  - Matematika

Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 2 Profesional  - Matematika

Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul 2 Profesional  - Matematika

Modul 3 Profesional - IPA










Soal dan Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul IPS PPG Terbaru

 1. Kebudayaan memiliki tiga unsur penting. Waktu, ruang dan peristiwa adalah tiga dimensi yang satu sama lainnya saling berhubungan. Ketiga dimensi tersebut berkaitan dengan kehidupan manusia. Kesatuan tiga dimensi waktu, ruang dan peristiwa yang berkaitan dengan manusia dalam sejarah memberi pengertian bahwa ....

A. sejarah dibuat oleh manusia

B. sejarah adalah peristiwa yang terjadi pada kurun waktu tertentu

C. perubahan adalah hakikat sejarah

D. masyarakat manusia berada di tempat tertentu di dunia

E. perubahan dan keberlanjutan peristiwa

 

2. Hakikat sejarah ialah kelangsungan dan perubahan dalam dimensi waktu, ruang dan manusia yang berwujud peristiwa yang terjadi. Peristiwa yang tercatat dalam sejarah sering kali menjadi bagian dari penelitian. Karena itu isu utama/pokok dalam penelitian tentang objek studi sejarah adalah mengenai ….

A. kelangkaan sumber sejarah

B. kehandalan metode dan teknik penelitiannya

C. kesenjangan waktu

D. objektivitas dan subjektivitas sejarah

E. keotentikan sumber-sumber sejarah

 

3. Sejarah menyimpan banyak peristiwa. Peristiwa-peristiwa sejarah menjadi bagian catatan masa lalu yang dialami manusia. Karena begitu luas dan hampir tak terbatasnya materi yang menjadi objek studi sejarah maka salah satu prinsip yang digunakan dalam penyusunan sejarah ialah ….

A. seleksi

B. kategorisasi

C. akomodasi

D. kronologis

E. keberlanjutan

 

4. Manusia saling berinteraksi satu sama lain. Hubungan ini menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial. Segala tindakan dan perilaku manusia yang ada di masyarakat ini tertuju untuk mendapatkan hubungan sosial berupa ….

A. pertahanan hidup

B. saling berkomunikasi

C. kepuasan pergaulan dengan orang lain

D. bantuan dari orang lain

E. pemenuhan pangan, sandang dan papan

 

5. Kebudayaan memiliki tiga unsur penting. Sistem budaya, sistem sosial dan wujud budaya. Ketiga sistem tersebut tentunya memiliki hubungan satu sama lainnya Unsur kebudayaan yang merupakan penjelmaan dari wujud sistem budaya adalah….

A. bangunan sekolah

B. kepala sekolah

C. tata tertib sekolah

D. pakaian seragam sekolah

E. fasilitas sekolah

 

6. Unsur-unsur kebudayaan marupakan salah satu cara untuk memahami budaya atau kebudayaan. Karena dengan mengetahui unsur-unsurnya, paling tidak kita bisa mendapatkan gambaran tentang kebudayaan secara lebih baik. Unsur-unsur dari kebudayaan meliputi seluruh kebudayaan manapun didunia, baik yang kecil, bersahaja dan terisolasi maupun yang besar, kompleks dan dengan jaringan hubungan yang luas. Urutan unsur-unsur kebudayaan universal dari yang sulit ke mudah berubah adalah….

A.sistem religi, sistem kemasyarakatan, sistem teknologi, sistem kesenian

B. sistem religi, sistem kesenian, sistem kemasyarakatan, sistem teknologi

C. sistem religi, sistem kemasyarakatan, sistem kesenian, sistem teknologi

D. sistem religi, sistem teknologi, sistem kemasyarakatan, sistem kesenian

E. sistem religi, sistem kesenian, sistem teknologi, sistem kemasyarakatan

 

7. Masyarakat adalah bagian dari kebudayaan. Kebudayaan lahir dari sumbangsih masyarakat terhadap kehidupan yang dijalani dalam memenuhi segala kebutuhannya yang meliputi kebutuhan sandang, pangan dan papan. Bagaimana mengatasi kesulitan dalam pemenuhan kebutuhan atau mengelola kebutuhan yang terbatas untuk jangka waktu yang panjang adalah bagian dari buah kebudayaan yang lahir dalam kehidupan manusia. Dengan demikian maka fungsi budaya dalam masyarakat adalah untuk….

A. Mengadaptasi keadaan

B. berkarya

C. berfikir

D. berkomunikasi

E. interaksi

 

8. Manusia berinteraksi dengan yang lainnya. Keterjalinannya membentuk hubungan timbal balik yang saling menguntungkan. Terpenuhi segala  kebutuhan adalah bagian dari keterhubungan ini. Keterhubungan ini terjalin atas ….

A. asas sosialitas

B. asas moralitas

C. asas individualitas

D. asas potensialitas

E. asas humanitas

 

9. Penduduk berkumpul di suatu tempat karena faktor pendukung kehidupan berada di sana. Keberadaan penduduk secara terpusat pun pada daerah tertentu menyebabkan di daerah yang lain mengalami kekurangan penduduk. Kondisi ini menimbulkan masalah baru. Banyak program kemajuan daerah menjadi terhambat. Kemiskinan pun bertambah. Jumlah kriminalitas meningkat signifikan. Berbagai program terus dikembangkan untuk menangani masalah ini. Namun tak kunjung terselesaikan. Penyebab utama kegagalan ini adalah ....

A. persebaran penduduk tidak merata

B. berkurangnya sumber daya manusia berkualitas

C. program tidak tepat sasaran

D. berkurangnya dana pembangunan

E. tergerusnya sumber daya alam

 

10. Kebutuhan akan memenuhi sandang, pangan dan papan menjadi daya dorong kuat bagi setiap orang untuk memilih tempat tinggal. Sebagian besar dari mereka mencari tempat yang dapat memenuhi kebutuhan primer untuk jangka waktu yang lama. Dengan demikian orang memilih pemukiman didasarkan atas....

A.mudah mendapatkan air

B. dekat dengan tanah yang subur

C. dekat dengan lapangan pekerjaan

D. dekat dengan lahan-lahan garapan

E. mudah mendirikan bangunan

 

11. Setiap orang menempati suatu wilayah dalam jangka waktu tertentu. Aturan dan hukum yang berlaku di dalamnya bagian dari keterikatan yang harus diikuti. Setiap gerak dan perilakunya dibatasi oleh kepentingan orang lain yang telah diatur dalam aturan hukum tertentu. Hal ini merupakan bagian dari konsep ....

A.masyarakat

B. diplomat

C. warga negara

D. penduduk

E. rakyat

 

12. Tekanan ke atas dari magma, gerak lempeng dan energi yang terkumpul dapat menekan lapisan kulit bumi sehingga terjadi pergeseran kulit bumi merupakan gejala….

A. tektonisme

B. endogen

C. vulkanisme

D. eksogen

E. seisme

 

13. Kesehatan penduduk terperhatikan dengan baik. Tingkat kemiskinan sedikit demi sedikit tertangani secara komprehensif. Produktivitas pembangunan pun berjalan sesuai dengan apa yang direncanakan. Kondisi inilah bagian dari gambaran pertumbuhan penduduk yang baik di suatu wilayah yang ditandai dengan adanya....

A. banyaknya angka kematian

B. banyaknya angka kelahiran

C. meningkatnya migrasi

D. pengendalian jumlah kematian

E. persebaran yang merata

 

14. Kualitas sumber daya manusia merupakan bagian dari sumber data kependudukan. Penyebarannya tercatat secara rinci dalam data kependudukan. Pekerjaan , pendidikan serta jumlah anggota keluarga menjadi bagian yang tercatat dan terdata secara lengkap dan akurat. Ini adalah bagian dari ....

A.registrasi penduduk

B. sensus penduduk

C. survey penduduk

D. pencacahan penduduk

E. sampel penduduk

 

15. Berkas dan catatan kependudukan bagian dari dokumen penting suatu wilayah. Petugas mendata setiap komponen yang terkait dengan penduduk Sensus de jure yang dilakukan petugas ini adalah bagian dari sensus terhadap....

A. warga negara asing yang dijumpai petugas

B. warga masyarakat yang dijumpai petugas sensus

C. setiap penduduk berdasarkan data wilayah

D. semua penduduk yang dijumpai petugas sensus

E. semua penduduk suatu daerah sesuai dengan KTP

 

16. Pertambahan jumlah penduduk berdampak terhadap bertambahnya sejumlah kebutuhan yang harus dipenuhi. Sementara keterbatasan sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan manusia menjadi bagian yang harus dicarikan berbagai solusinya. Menghadapi tantangan yang demikian, manusia pun dituntut untuk mempelajari yang namanya ilmu ekonomi. Ilmu ekonomi ini kemudian muncul karena ....

A. dipaksakan oleh pemerintah karena undang-undang

B. kebutuhan manusia tidak seimbang dengan alat pemuas kebutuhan

C. desakan kaum kapitalis

D. konsensus organisasi ekonomi dunia

E. adanya usaha mengetahui seluk beluk perdagangan

 

17. Manusia hidup penuh kebutuhan. Kebutuhan yang harus dipenuhi mulai dari kebutuhan sandang, pangan dan papan. Mulai dari kebutuhan primer, sekunder hingga tersier. Persaingan dalam pemenuhan kebutuhan ini pun menjadi bagian dari lingkup ekonomi yang menyita banyak perhatian para ahli untuk membuat berbagai teori dan strategi ekonomi. Kebutuhan manusia yang relatif tidak terbatas sedangkan alat pemuas jumlahnya yang relatif terbatas ini adalah bagian dari ….

A. objek ilmu ekonomi

B. prinsip ekonomi

C. tindakan ekonomi

D. masalah ekonomi

E. motif ekonomi

 

18. Persaingan ekonomi diantara produsen memicu penetapan harga yang kompetitif. Varian dalam barang hasil produksi pun terus menerus ditingkatkan guna bersaing dalam pemasaran produk. Agar seuatu barang menjadi barang ekonomi, maka ia harus ... diperdagangkan di pasar bebas.

A. diproduksi secara perorangan dan tidak secara umum

B. diproduksi secara efisien

C. diproduksi secara langka

D. dijual dengan harga yang sangat murah

 

19. Keterbatasan sarana dalam pemenuhan kebutuhan manusia memberikan kontribusi pada permasalah ekonomi masyarakat. Kebutuhan yang terus bertambah dan tidak ditunjang dengan kemampuan dalam pemenuhannya mengakibatkan lahirnya banyak pengangguran dan kriminalitas di tengah- tengah masyarakat. Akibat buruk yang ditimbulkan dari pengangguran adalah ....

A.menurunnya pendapatan nasional

B. menaikkan harga barang

C. menimbulkan ketidakstabilan sosial dan politik

D. ketimpangan jumlah penduduk

E. berkurangnya lapangan kerja

 

20. Di negara sedang berkembang pertambahan penduduk terjadi secara signifikan. Angka kelahiran melonjak dengan cepat dalam kurun waktu yang relatif singkat. Produktivitas yang rendah dan angka kemiskinan yang cukup tinggi pun menjadi bagian dari permasalahan yang ditemui di negara berkembang. Pertumbuhan kesejahteraan ekonomi pun tergolong rendah. Pertambahan penduduk yang terjadi di negara berkembang menjadi hambatan dalam pembangunan karena ….

A. adanya kelebihan modal untuk melakukan investasi

B. umumnya pertambahan penduduk di negara sedang berkembangproduktivitasnya tinggi

C. hampir seluruh pendapatannya habis untuk keperluan konsumsi

D. tingkat struktur perekonomiannya agraris

E. berkurangnya tingkat investasi di dalam negeri

 

21. Pada musim buah jeruk, keberadaan penjual buah tersebut marak di pasaran dan pinggiran jalan. Kebutuhan manusia pun terhadap buah jeruk terpenuhi seketika itu. Bertambahnya terus permintaan sering kali tidak berbanding lurus dengan pasokan buah jeruk yang dimiliki para pedagang. Kondisi demikian mengakibatkan ....

A. harga keseimbangan naik, jumlah barang yang diperdagangkan bertambah

B. harga keseimbangan naik, jumlah barang yang diperdagangkan berkurang

C. harga keseimbangan naik, jumlah barang yang diperdagangkan tidak berubah

D. harga keseimbangan turun, jumlah barang yang diperdagangkan bertambah

E. harga keseimbangan turun, jumlah barang yang diperdagangkan Berkurang

 

22. Ilmu ekonomi merupakan suatu study tentang perilaku manusia dan masyarakat dalam memilih, meng gunakan sumber daya yang langka dan yang mempunyai beberapa alternatif penggunaan untuk dapat memproduksi berbagai komoditi kemudian menyalurkannya , baik saat ini / sekarang ataupun di masa depan pada berbagai individu dan kelompok yang ada dalam suatu masyarakat. Berdasarkan ilmu ekonomi tersebut maka pernyataan yang sesuai adalah ….

A. motif utama tindakan konsumsi adalah memperoleh kepuasan

B. hanya orang miskin yang menerapkan prinsip ekonomi

C. prinsip ekonomi hanya bisa diterapkan di bidang ekonomi

D. motif ekonomi tidak memengaruhi tindakan ekonomi

E. orang kaya tidak perlu menerapkan prinsip ekonomi

 

23. Manusia lahir ke dunia dengan diberikan kemampuan untuk belajar dari lingkungan. Hasil yang didapatkan dari pembelajarannya terhadap lingkungan menjadikan manusia bagian dari perkembangan IPTEK yang pesat. Pembelajaran yang didapat melalui ... kemudian dimiliki dan ter internalisasi sehingga manusia akan mendapatkan pengetahuan dari berbagai hal dilingkungan alam sekitarnya.

A. informasi

B. berita

C. pancaindera

D. buku

E. surat kabar

 

24. Ilmu pengetahuan terapan adalah ilmu pengetahuan yang memiliki tujuan untuk menggunakan sekaligus menerapkan ilmu pengetahuan tersebut pada masyarakat untuk membantu mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi. Ilmu pengetahuan dijadikan sebagai sarana untuk memudahkan manusia dalam memenuhi segala kebutuhan hidupnya. Berdasarkan kondisitersebut maka ….

A. ilmu pengetahuan terapan untuk menghasilkan alat

B. pengetahuan yang disusun secara sistematis

C. produksi barang dengan menggunakan tenaga mesin

D. ilmu pengetahuan pengetahuan yang melekat pada diri manusia

E. pengetahuan yang diperoleh dari lingkungan

 

25. Ilmu pengetahuan selalu terus berkembang sejalan dengan perkembangan masyarakatnya. Ilmu pengetahuan yang terus berkembang memberikan dampak positif dan negatif dalam kehidupan manusia. Penggunaan ilmu pengetahuan oleh manusia berpengaruh pada dampak yang akan didapat oleh manusia itu sendiri. Dari perkembangannya itulah kita dapat membedakan bahwa ilmu pengetahuan bercirikan....

A. terbuka

B. sistematis

C. tertutup

D. mandiri

E. acak

 

26. Dalam perkembangan dan kemajuannya antara pengetahuan dengan ilmu dan teknologi, memberikan kemudahan pada kehidupan manusia. Keterkaitan antara ketiganya berpengaruh satu sama lainnya. Manusia sebagai pelaku dan penikmat teknologi menyadari sepenuhnya bahwa teknologi lahir dari ilmu pengetahuan. Keterhubungan antara ketiga unsur tersebut adalah ….

A. pengetahuan berfungsi bagi ilmu dan teknologi

B. pengetahuan melekat pada ilmu dan pengetahuan

C. pengetahuan, ilmu pengetahuan dan teknologi satu kesatuan

D. pengetahuan, ilmu dan teknologi adalah melekat pada manusia

E. pengetahuan berfungsi memajukan ilmu dan teknologi

 

27. Dampak perkembangan IPTEK pada era globalisasi dalam bidang sosial budaya dapat dirasakan oleh manusia. Dampak ini pun memiliki kecenderungan terhadap hal positif dan negatif. Kecenderungan dampak yang dirasakan tersebut itu bergantung pada perilaku manusia dalam memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Namun rendahnya latar belakang pendidikan pun menjadi penentu terhadap perlakukan yang diberikan oleh manusia itu sendiri terhadap IPTEK. Bagian yang tidak tergambarkan pada kondisi tersebut adalah ....

A. ketimpangan ekonomi yang semakin lebar di dalam masyarakat

B. kemerosotan moral dalam masyarakat khusunya di kalangan remaja

C. kewibawaan tradisi-tradisi yang ada dalam masyarakat semakin melemah

D. sebagian warga masyarakat menjadi kaya dalam materi tetapi miskin dalam rohani

E. terimbanginya peran kaum laki-laki oleh kaum perempuan secara signifikan dalam berbagai bidang kehidupan semakin besar

 

28. Para guru saat inisadar bahwa memiliki skill ( kemampuan ) dibidang teknologi informasi dan multimedia telah memungkinkan diwujudkannya pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Oleh karena itu para guru sekarang banyak yang telah menguasai teknologi informasi dan multimedia untuk mencari bahan ajar. Penyampaian materi pun tidak hanya dengan metode ceramah saja tetapi juga dengan menampilkan slide dan video yang menarik. Dari penjelasan tersebut tindakan para guru untuk bisa menguasai teknologi informasi dan multimedia tersebut termasuk dalam ....

A. tradisional

B. rasional berorientasi nilai

C. rasional instrumental

D. afeksi

E. emosional

 

29. Berbagai penemuan baru dalam bidang teknologi menyebabkan manusia dapat melakukan berbagai aktivitasnya secara mudah dan cepat. Kemudahan yang dirasakan sangat menguntungkan bagi manusia. Berbagai kebutuhan pun terpenuhi dengan memakan waktu yang relatif singkat. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa perubahan sosial dalam masyarakat mendorong terjadinya ....

A. integrasi

B. modernisasi

C. reorganisasi

D. disorganisasi

E. transformasi politik

 

30. Teknologi yang diciptakan oleh manusia selain mempermudah manusia dalam menjalankan aktivitasnya juga dapat menyebabkan permasalahan sosial seperti pencemaran lingkungan. Pencemaran lingkungan yang terjadimenambah masalah sosial semakin kompleks untuk diatasi. Upayamasyarakat untuk meminimalkan permasalahan sosial tersebut adalah ….

A. merancang pembangunan tata ruang kota yang ramah lingkungan

B. memperbanyak jumlah tenaga kerja

C. menyosialisasikan dampak pencemaran lingkungan

D. menggunakan teknologi sesuai kebutuhan

E. memberi sanksi kepada orang yang membuang sampah sembara



Demikian tadi artikel tentang Soal dan Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul IPS PPG Terbaru . Semoga Bermanfaat.

Baca Juga :
Modul 1 - Konsep Dasar Ilmu Pendidik
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 1 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 2 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 3 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 4 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik

Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 1 Pedagogik - Konsep Dasar Ilmu Pendidik

Kunci Jawaban Tugas Akhir Pedagogik 1 - Konsep Dasar Ilmu Pendidik


Modul 2 - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 1 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 2 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 3 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 2 KB 4 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 2 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul 2 Pedagogik - Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

Modul 3 - Pembelajaran Inovatif
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 1 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 2 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 3 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 KB 4 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 3 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Akhir Modul 3 Pedagogik - Pembelajaran Inovatif

Modul 4 - Perancangan Pembelajaran Inovatif
Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 1 - Merancang Pembelajaran Inovatif

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 2 - Merancang Pembelajaran STEAM

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 3 - Merancang Pembelajaran Blended Learning

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 4 - Merancang Pembelajaran Project Based Learning

Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 4 - Perancangan Pembelajran Inovatif

Kunci Jawaban Tugas Akhir Modul 4 - Perancanan Pembelajaran Inovatif

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel